Konsep Dasar Pembelajaran PKN dan Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Perkembangan IPTEK
Guru
bidang studi yang lebih spesifik pada Pembelajaran 1. Konsep Dasar, Prinsip,
dan Prosedur Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Ada
beberapa kompetensi guru bidang studi yang akan dicapai pada pembelajaran ini,
kompetensi yang akan dicapai pada pembelajaran ini adalah guru PPPK mampu
menjelaskan konsep dasar, prinsip, dan prosedur proses pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan.
Untuk
lebih jelasnya, silahkan download file dibawah ini :
Konsep Dasar Pembelajaran PKN SD
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan
untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini
juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif (Sulaswati, Anny,2009).
Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai
ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya
semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa
agar tidak merugikan manusia dan merusak sendisendi kehidupan bangsa.
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa yang mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai
pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan
IPTEK ini, dan sebaliknya IPTEK juga harus senantiasa berdasar pada nilai-nilai
pancasila, karena pancasila sejatinya adalah media akulturasi dari berbagai pemikiran
mengenai agama, pendidikan, politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi yang mengkoordinir
berbagai aktivitas kehidupan dalam masyarakat (Amir,2013). Jika IPTEK dianggap
tidak berhubungan dengan nilai budaya ataupun agama hal ini akan menyebabkan
tidak adanya nilai human-religius. Perkembangan IPTEK yang ada di Indonesia
haruslah senantiasa dikawal dengan nilai-nilai agama dan budaya yang terkandung
dalam ideologi bangsa yaitu pancasila agar kehidupan bangsa tidak rusak karena
pengaruh buruk IPTEK yang tidak sesuai dengan jati diri masyarakat Indonesia.
Lebih jelasnya, hubungan Manusia, Lingkungan dan Iptek dalam pembelajaran PKN dapat disimak pada link berikut :
Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam perkembangan IPTEK
Semoga Bermanfaat. . . . .
0 Response to "Konsep Dasar Pembelajaran PKN dan Implementasi Nilai-nilai Pancasila dalam Perkembangan IPTEK"
Post a Comment