PENGANTAR INOVASI PENDIDIKAN
A. Pengertian
Berbagai
upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, antara
lain dengan perbaikan mutu belajar-mengajar. Ketidakpuasan akan proses dan
hasil pengajaran di sekolah merupakan masalah klasik yang sampai sekarang belum
tuntas terselesaikan. Masalah-masalah pendidikan tersebut berkisar dari
kualitas lulusan, proses pengajaran, metode, guru, sarana, sampai ke kebijakan
penyelenggaraan pengajaran.
Berdasarkan hal
tersebut inovasi pendidikan memiliki tiga isu utama, yaitu pembaharuan
kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran,
untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan diperlukan norma, tujuan
yang dicita-citakan, kegunaan praktis, dan nilai pengembangan harkat manusia.
Secara etimologi inovasi
berasal dari kata latin innovation
yang berarti pembaharuan atau perubahan. Kata kerjanya innovo yang artinya memperbaharui atau mengubah. Inovasi ialah
suatu perubahan yang baru menuju kearah perbaikan, yang lain atau berbeda dari
yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana (tidak secara
kebetulan saja) Roesminingsih dan Susarno (2016:197) mendefinisikan
inovasi yang hubungannya dengan kreativitas adalah : Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat
perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru.
Menurut
Ibrahim
(1988:51) Inovasi
pendidikan
adalah suatu ide, barang, kejadian, metode, yang dirasakan atau dinikmati
sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),
baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri,
yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah
dalam pendidikan. Sedangkan
Suharsaputra (2016:305) mengatakan bahwa inovasi pendidikan adalah gerakan bersama
dan tidak pernah berakhir, inovasi (perubahan dalam) pendidikan yang sukses melibatkan
terbangunnya kekuatan bersama untuk merorientasikan tentang saling ketergantungannya
perubahan dalam pendidikan.
B.
Tujuan Inovasi Pendidikan
Menurut Roesminingsih dan
Susarno (2016:200) tujuan inovasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi,
relevansi, kualitas, dan efektivitas; sarana serta jumlah peserta didik
sebanyak-banyaknya, dengan hasil pendidikan
sebesar-besarnya (menurut kriteria kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan
pembangunan), dengan jumlah yang sekecil-kecilnya baru.
Menurut Suharsaputra (2016:304) inovasi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dalam prosesnya maupun hasilnya,
inovasi merupakan cara proses pendidikan/pembelajaran
dilakukan sebagai pola intervensi dalam mencapai hasil pendidikan yang bermutu.
Berdasarkan uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa tujuan inovasi pendidikan adalah untuk mencapai tujuan
pendidikan agar lebih berkembang dan meningkatkan mutu peserta didik supaya
dapat lebih baik lagi. Jadi inovasi ini di gunakan sebagai acuan untuk
memperbaiki sistem pendidikan yang masih kurang dalam menyikapi segala problema
di dunia pendidikan.
Mengatasi
permasalahan yang terjadi dalam dunia pendidikan adalah fungsi dari inovasi
pendidikan. Inovasi pendidikan penting untuk dilaksanakan seperti yang
diungkapkan Johnson dalam
Suharsaputra
(2016:333)
karena
mempunyai fungsi
utama sebagai berikut :
1. Menciptakan
pengetahuan baru dalam
pendidikan
2. Memandu
arah proses pencarian penyedia dan pengguna teknologi yaitu mempengaruhi agar para pelaku
mengelola dan memanfaatkan sumber dayanya
3. Memasok
atau menyediakan sumber daya, yaitu modal, kompetensi dan sumber daya lainnya
4. Memfasilitasi
penciptaan ekonomi eksternal yang positif (dalam bentuk pertukaran inovasi,
pengetahuan, dan visi)
dalam pendidikan
5. Memfasilitasi
ide untuk memperbarui
pendidikan
Jadi inovasi pendidikan sangat memiliki peranan yang sangat
amat penting dalam dunia pendidikan
untuk membangun dan meningkatkan kapasitas perubahan yang lebih baik dalam
suatu pendidikan.
0 Response to "PENGANTAR INOVASI PENDIDIKAN"
Post a Comment