PENGANTAR KOMUNIKASI #1


       Jika selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa yang dimaksud dengan komunikasi hanyalah “berbicara” atau “bercakap-cakap,” maka arti sesungguhnya lebih dari itu. Memahami pengertian komunikasi merupakan langkah awal yang perlu dilakukan bagi para peneliti, akademisi dan mahasiswa yang ingin mengkaji studi ini.  

            Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses, dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digeneralisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses, dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang.

 

3 pokok pikiran dari pengertian ilmu komunikasi (Berger & Chaffee):

1.     Obyek pengamatan dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem lambang dan tanda dalam konteks kehidupan manusia.

2.       Ilmu komunikasi bersifat scientific (ilmiah empiris) dalam arti pokok-pokok pikiran dalam ilmu komunikasi (dalam bentuk teori-teori) harus berlaku umum.

3.    Ilmu Komunikasi bertujuan menjelaskan fenomena sosial yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem tanda dan lambang.



Untuk lebih jelasnya bisa download PPT dibawah ini:

DOWNLOAD PPT


Dan juga bisa menyimak dari penjelasan berikut ini yaa:




Untuk kalian, silahkan cari tahu 1 contoh komunikasi dalam bentuk simbol yang ada di Indonesia..

Silahkan simak dan pelajari yaa.. semoga dapat bermanfaat..


2 Responses to "PENGANTAR KOMUNIKASI #1"

  1. Perkenalkan nama saya Bella Cahyati Putri izin bertanya pak.
    Bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi yang sedang terjadi pada saat ini dalam dunia pendidikan ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak tentunya permasalahan komunikasi dalam pendidikan salah satunya komunikasi dalam penyampaian materi oleh pendidik. Hal ini dipengaruhi karena beberapa faktor, misal karena bentuk komunikasi yang diberikan (proses penyampaian materi tidak menarik) sehingga peserta didik jenuh/komunikasinya monoton. Jadi sebagai pendidik harus inovatif dalam memberikan/menyampaiakan materi tentunya dengan beberapa pendekatan/strategi/metode yang bisa dilakukan, sehingga peserta didik antusias dalam menyimak dan mendengarkan materi yang diberikan pendidik (guru).

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel